CITRA SATELIT KOTA PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN JAWA TENGAH

citra satelit kota purwodadi


Kota Purwodadi adalah ibu kota Kabupaten Grobogan sekaligus nama sebuah kecamatan di Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah bagian timur. Terletak 64 Km sebelah timur kota Semarang, 64 km sebelah utara Kota Solo dan 64 km sebelah barat kota Blora. Kota ini terletak di jalur lalu lintas alternatif dari Semarang - Surabaya, dan menjadi kota penghubung atau kota transit dari kota-kota di Pantura Timur (yaitu Kudus, Jepara, Pati, Rembang dan Blora) menuju ke Kota Solo atau Surakarta dan Jogyakarta serta wilayah Jawa Timur.

Kota ini secara topografi berbentuk lembah yang diapit oleh dua pegunungan kapur, yaitu Pegunungan Kendeng atau Pegunungan Kapur Selatan di bagian selatan dan Pegunungan Kapur Utara di bagian utara, yang dibatasi oleh Sungai Lusi di sisi Timur dan Utara kota, yang selanjutnya bergabung dengan Sungai Serang mengalir ke Laut Jawa. Dua pegunungan tersebut terdiri dari hutan jati, mahoni dan campuran yang memiliki fungsi sebagai resapan air hujan di samping juga sebagai lahan pertanian meskipun dengan daya dukung tanah yang rendah.

Lembah yang membujur dari barat ke timur merupakan lahan pertanian yang produktif, yang sebagian telah didukung jaringan irigasi. Lembah ini selain dipadati oleh penduduk juga terdapat banyak aliran sungai, jalan raya dan jalan kereta api.

Kota ini memiliki 3 inti pusat pertumbuhan utama, yaitu kawasan jl. R Suprapto (pusat kota), kawasan perempatan Danyang dan Nglejok. Tiap inti pertumbuhan berkembang secara terpisah dengan dipisahkan areal persawahan dan pemukiman penduduk. Adapun CBD (Central Bussines Distrik) Kota Purwodadi berada di Jalan R. Suprapto yang membujur dari Simpang lima purwodadi hingga ke Perempatan RS Yakkum. Kawasan ini adalah yang paling berkembang dari segi perdagangan dan jasa. Sebagian besar kegiatan ekonomi kota ini berada di sepanjang jalan ini, Mulai dari Supermarket, Bank-bank, pusat kuliner, Ruko-ruko, SPBU, Sekolah dan lain-lain.

Sedangkan pusat pemerintahan kabupaten Grobogan berada di sekitar Alun-alun Kota Purwodadi, yang nampak di citra sebagai lapangan persegi panjang yang ada di sebelah utara citra. Alun-alun ini dikelilingi Kantor Bupati, Setda, DPRD, Masjid Agung, KUA, Bank dan kantor-kantor lainnya. Alun-alun ini sekarang telah selesai direnovasi sehingga tampak bagus dan banyak fasilitas penjunjang, sehingga dapat digunakan sebagai ruang terbuka hijau untuk sarana rekreasi keluarga, upacara, ataupun kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Dilihat dari penggunaan lahannya kota ini masih banyak areal persawahannya yang mengelilingi inti kota. Areal persawahan yang berada di sebelah timur Simpang 5 (lapangan berbentuk lingkaran di bagian selatan citra) sekarang telah di sulap menjadi sebuah Taman Hijau kota Purwodadi yang memiliki pemandangan cukup indah dan fasilitas cukup memadai. Tempat ini selalu ramai dikunjungi warga kota untuk rekreasi bersama keluarga. 

Kota ini telah memiliki fasilitas penunjang cukup lengkap, mulai dari lapangan Alun-alun, bundaran simpang 5, pasar umum, pasar holtikultura, pasar pagi, supermarket, minimarket, Hotel, warung makan, Hutan kota, taman kota, jalan yang cukup memadai dsb. Sarana transportasi yang ada di kota ini antara lain: Bus antar kota dalam provinsi (AKDP) rute Semarang-Purwodadi-Blora, Bus AKDP rute Solo-Purwodadi-Blora, Bus AKDP Purwodadi- Demak, Purwodadi-Pati, Purwodadi-Kudus, Bus AKAP Jurusan Purwodadi-Jakarta, Purwodadi-Bandung, Purwodadi Surabaya, Kereta Api Jurusan Jakarta, Surabaya, Malang, Semarang dsb yang dapat d akses di stasiun terdekat Stasiun Ngrombo yang berjarak 7 Km dari pusat Kota.

Purwodadi yang terkenal dengan masakan swike, garang asem, sego jagung dan kecap nya ini dikenal juga sebagai "kota yang tidak pernah tidur", dengan suguhan makanan atau kuliner yang siap memanjakan lidah siapa pun mulai senja sampai dengan dini hari.


Sumber: citra dikompilasi dari Google Earth
Share on Google Plus

About The Krab Info

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar